Rabu, 14 Mei 2008

manfaat tertawa


Oke, sebelumnya, saya telah mengumpulkan beberapa hasil riset tentang pengaruh humor/tertawa bagi tubuh kita :

1. Tertawa dapat menurunkan tekanan darah.
Orang yang sering tertawa mempunyai tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan orang orang biasa. Ketika kita tertawa, tekanan darah akan meningkat, tapi kemudian akan kembali dibawah level normal. Tertawa akan membuat kita bernapas dalam-dalam, menyalurkan Oksigen yang dibutuhkan untuk memperkaya sel darah merah kita ke seluruh tubuh.

2. Tertawa mempengaruhi keadaan kejiwaan / suasana hati.
Tertawa mengurangi hormon stress, memperkuat antibody pertahanan tubuh kita.

3. Tertawa melindungi jantung.
Tertawa, dibarengi dengan sense of humor, dapat melindungi tubuh dari serangan jantung. Menurut penelitian di Universitas Kesehatan Maryland, 40% orang yang mengalami serangan jantung didapati lebih tidak suka tertawa.

4. Tertawa = olahraga tubuh.
Sadar atau tidak, tertawa membutuhkan organisasi dari banyak bagian dari tubuh kita, yaitu : diafragma, organ perut, organ pernapasan, muka, otot kaki dan otot punggung. Tertawa memijat organ-organ perut dan memperkuat otot-otot yang mendukung kerja organ perut tersebut. Bahkan ditemukan bahwa tertawa yang baik membakar kalori setara dengan beberapa menit bersepeda elektrik.

5. Tertawa meningkatkan fungsi kerja otak dan menghilangkan stress.
Tertawa menstimulasi otak kiri dan otak kanan meningkatkan daya belajar. Tertawa melembutkan tegangan otot, menghilangkan stress sehingga otak dapat memperoleh informasi lebih.


Jadi Summary nya, Tertawa baik untuk tubuh karena :
- Mengurangi stress
- Merendahkan tekanan darah
- Meningkatkan / memperbaiki suasana hati
- Memperkuat sistem pertahanan tubuh
- Menambah fungsi kerja otak
- Melindungi jantung
- Makes you feel goood

Tidak ada komentar: